Tips Sehat saat Puasa Ramadhan

    Puasa Ramadhan adalah ibadah puasa wajib yang dilaksanakan umat Islam di Bulan Ramadhan. Puasa dilakukan selama 1 bulan penuh (30 hari). Puasa ini dilakukan mulai dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari setiap harinya. Puasa dilakukan dengan menahan diri dari makanan, minuman, dan semua bentuk perilaku dan pemikiran yang tidak murni atau hawa nafsu. Karena saat berpuasa umat Islam menahan diri untuk tidak makan dan minum, maka dibutuhkan tips untuk tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

    Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga badan tetap sehat dan bugar saat berpuasa :

  1. Berbuka puasa dengan air putih dan mengkonsumsi makanan manis yang berasal dari buah-buahan, kurma, dan lain-lain.
  2. Ketika berbuka dan sahur, hidangan minimal harus ada salah satu jenis makanan yang berasal dari 4 kelompok makanan seperti Makanan Pokok (beras, jagung, roti, ubi, dll), Lauk-Pauk (kacang-kacangan, tempe, tahu, ikan, ayam, susu dan hasil olahannya, dll), Sayur (semua jenis sayur-sayuran), dan Buah (semua jenis buah-buahan). Dan buah bisa dikonsumsi setelah shalat tarawih atau menjelang tidur.
  3. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan asin setiap hari ketika berbuka dan sahur.
  4. Hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak setiap hari, baik ketika berbuka puasa ataupun ketika sahur.
  5. Perbanyak mengkonsumsi air putih 8-10 gelas dari berbuka sampai waktu sahur.
  6. Asap rokok memiliki dampak kesehatan untuk diri sendiri dan orang disekitar anda, hentikan kebiasaan buruk merokok sekarang juga. Bulan puasa bisa menjadi momen tepat untuk berhenti merokok, sehingga nantinya akan lebih mudah untuk meninggalkan perilaku tersebut.
  7. Lakukan aktivitas fisik yang memungkinkan. Bisa dengan olahraga ringan.
  8. Hindari minum minuman beralkohol.
  9. Mengatasi stress bisa dengan memperdalam ilmu agama dan juga memperbanyak ibadah.
  10. Jangan lupa tetap kontrol tekanan darah dengan rutin bagi penderita hipertensi, kontrol gula darah secara teratur bagi penyandang diabetes, dan kontrol secara rutin untuk penyakit tidak menular lainnya.
  11. Kenali tanda penyakit seperti, hipertensi, hipoglikemi, dan gejala penyakit tidak menular lainnya. Kenali juga tanda-tanda kegawatdaruratan penyakit tidak menular yang mungkin terjadi.
  12. Ada baiknya juga menyediakan obat-obatan dirumah seperti untuk Hipertensi, Diabetes, Asma dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) sesuaikan jadwal minum obat selama bulan puasa.

Sumber : www.promkes.kemenkes.go.id

 

    Tips-tips tersebut bisa dilakukan untuk menjaga badan tetap sehat dan bugar saat berpuasa. Intinya adalah menjaga asupan makanan dan minuman, istirahat yang cukup, dan tetap berolahraga untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa dilakukan dengan terapi di Nakamura. Karena terapi di Nakamura adalah gabungan pijat refleksi, akupresur, dan terapi seitai jepang yang tidak hanya mengobati keluhan kesehatan, tapi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

    Di masa pandemi ini, Nakamura selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Setiap customer yang akan terapi dilakukan pengukuran suhu tubuh dan diwajibkan membasuh tangan dengan cairan disinfektan. Untuk frontliner maupun terapis juga dilakukan pengukuran suhu tubuh, dan menggunakan APD sesuai standar. Selain itu, setiap fasilitas yang ada di dalam outlet juga dilakukan sterilisasi dengan disinfektan untuk menjamin kenyamanan setiap customer.

    Usaha lain yang dilakukan Nakamura demi menjaga kenyamanan customer adalah terapi tanpa membuka pakaian. Di Nakamura, customer tidak perlu membuka pakaian saat terapi. Jika customer merasa kurang nyaman dengan pakaiannya, Nakamura menyediakan baju dan celana ganti khusus untuk customer. Tentu saja pakaian khusus customer tersebut selalu dalam kondisi bersih dan steril.

    Terapi di Nakamura bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh di tengah bulan puasa. Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, ibadah puasa pun lancar.

    Dapatkan sensasi terapi kesehatan terbaik dari tangan-tangan terapis yang profesional dan berpengalaman di Nakamura !!

    Kami tunggu kedatangannya yaa. Salam sehat selalu !!



Pencarian

Kabar Terbaru

stats online users