Punggung Sebagai Penopang Tubuh Manusia

Punggung kita adalah bagian tubuh yang paling keras. Punggung harus bekerja nonstop 24 jam sehari. Dalam posisi duduk, berdiri ( mengerjakan pekerjaan rumah tangga, berjalan ) bahkan tidur, punggung harus bekerja keras menyangga tubuh kita. Bisa dibayangkan , jika kita tak jeli menjaga kesehatan punggung, maka nyeri punggung atau nyeri tulang belakang ( backpain ) pun menimpa.
Pada orang-orang tertentu, contohnya karyawan kantor, penyebab backpain yang paling sering adalah duduk terlalu lama, sikap duduk yang tidak tepat,postur tubuh yang tidak ideal (improper), aktivitas yang berlebihan,serta trauma. Jadi, untuk mencegah nyeri punggung, yang harus dilakukan adalah menghindari semua itu.

Pada semua tipe sakit punggung, hal terpenting dan jika masih memungkinkan adalah langkah pencegahan. Tindakan pencegahan termasuk menjaga postur yang baik, menjaga berat badan berimbang, dan melakukan kombinasi olah raga yang membangun kekuatan. Beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk pencegahan sakit punggung adalah dengan melakukan aktivitas yang cukup yang tidak terlalu berat. Selalu duduk dalam posisi yang tepat, duduk harus tegap, sandaran tempat duduk harus tegak lurus, tidak boleh melengkung. Posisi duduk berarti membebani tulang belakang 3-4 kali berat badan, apalagi duduk dalam posisi yang tidak tepat. Sementara pada posisi berdiri, punggung hanya dibebani satu setengah kali berat badan normal. Jangan terlalu lama duduk.Untuk orang normal,cukup satu setengah jam hingga dua jam, sementara untuk mereka yang pernah terkena nyeri punggung, cukup satu jam. Setelah itu, sebaiknya berdiri dan lakukan peregangan dan duduk lagi lima menit kemudian. Jika tidur, pilih tempat tidur yang baik, misalnya yang memiliki matras (kasur) yang kuat (firm), sehingga posisi tidur tidak melengkung.

Selain pencegahan diatas, bisa juga dengan melakukan relaksasi pemijatan dengan teratur. Dengan pemijatan diharapkan akan mengembalikan fungsi punggung menjadi lebih baik. Pemijatan pun harus dilakukan oleh tenaga pemijat yang professional. Nakamura adalah salah satu tempat yang pas untuk melakukan terapi pemijatan, dilakukan oleh terapis professional yang dilandasi oleh ilmu seitai dari Jepang. Terapi dilakukan secara aman dan ditempat yang bernuansa alam. Dengan treatmen seitai Jepang menjadi salah satu andalan dalam penanganan gangguan punggung. Segera rasakan sentuhan sehat tangan – tangan terapis Nakamura di kota anda.



Pencarian

Kabar Terbaru

stats online users