POSTUR TUBUH YANG BENAR ITU MENYEHATKAN

Postur tubuh yang benar berguna banyak bagi kesehatan. Berdiri dan duduk secara benar bisa mencegah linu, ketegangan otot, dan membantu mencegah sakit di daerah punggung, pinggang, dan leher. Postur yang bagus juga membantu otot untuk bisa bekerja dengan lebih efisien, yang berguna untuk mencegah kelelahan. Bagian yang menyenangkan adalah bahwa kita bisa bernafas dengan benar dan lega dari daerah perut berkat postur yang benar.Energi yang didapat dengan pernafasan dalam inilah yang membuat kita punya pasokan energi lebih banyak.

Beberapa dampak posisi duduk yang kurang benar antara lain :

  • Sakit di daerah pinggang, kadang di pundak
  • Napas jadi tidak benar; lebih pendek, kurang lega
  • Lebih gampang capek. Energi tidak terdistribusi sempurna dalam tubuh.
  • jadi kelihatan kurang sehat.

Postur tubuh yang jelek memang berdampak kurang baik. Jika dipelihara hingga bertahun2, hal ini malah bisa mengakibatkan luput syaraf yang sakit luar biasa dan harus diterapi dg upaya & biaya mahal. Beberapa postur tubuh memang bisa merekayasa jaringan syaraf sedemikian rupa hingga mengubah aliran darah pada syaraf tulang belakang. Dan ini gawat! Lebih jauh lagi, Jim Deuchars dari Leeds University telah menemukan bahwa postur tubuh yang jelek akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Penyebab postur tubuh yang tidak baik

  • Kebiasaan buruk tentu saja  postur duduk, berdiri, rebahan, tidur yang salah
  • Otot yang melemah  kurang olahraga jadi salah satu sebabnya
  • Kegemukan  yang memang bisa menyengsarakan otot
  • Kehamilan
  • Sepatu yang tidak layak pakai  misal yang hak-nya tinggi
  • Berkurangnya fleksibilitas otot dan persendian

Begitu juga yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer dan rawan terkena penyakit kebiasaan salah postur ini. Jika postur tubuh Anda tidak align, pada akhirnya Anda akan mulai merasakan sakit.

Postur Tubuh yang Benar

Duduk  Kalo duduk, pundak ditarik ke belakang dan punggungnya tegak. Posisi kaki sebaiknya membentuk sekitar 90 derajat dari tubuh. Jaga supaya leher, punggung dan tumit dalam posisi yang sedemikian rupa tertata sejajar secara vertikal . Hindari hasrat untuk duduk bergaya malas (pinggang menyentuh dudukan alih2 sandaran).

Berdiri  Ketika berdiri, tahan kepala agar tetap tegak dengan dagu sedikit saja ditarik ke atas. Kedua pundak ditarik secara proporsional ke belakang, dada dibusungkan dan perut dilangsingkan agar tidak menunjukkan kemajuan yang terlalu kentara. Pengalokasian berat tubuh tidak sebaiknya diletakkan pada tumit maupun jari kaki. Lengan sebaiknya menggantung secara alami.



Pencarian

Kabar Terbaru

stats online users